KTM secara resmi akan memanfaatkan kedua wildcard-nya di MotoGP 2024, dengan Dani Pedrosa dan Pol Espargaro sebagai pilihan mereka, yang keduanya merupakan test rider utama. Dua pembalap asal Spanyol ini akan turun di dua balapan berbeda untuk mengumpulkan data penting dalam pengembangan motor RC16.

Mengikuti aturan konsesi baru, KTM dan Aprilia termasuk dalam Kategori C, yang memberikan mereka enam wildcard per musim, dan mesin mereka tidak terikat oleh pembekuan spesifikasi. Mereka bisa menggunakan maksimal tiga wildcard sebelum larangan tes musim panas, dan tiga lainnya setelah larangan tersebut berakhir.

Dani Pedrosa akan balapan di seri kandangnya dan sirkuit favoritnya, yaitu MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez pada 26-28 April 2024. Sementara itu, Pol Espargaro akan tampil di Seri Italia yang digelar di Sirkuit Mugello pada 31 Mei-2 Juni 2024.

READ  Yamaha Beruntung Fabio Quartararo Setelah Tercapai Kontrak Baru

Ini akan menjadi wildcard pertama bagi Pol Espargaro di MotoGP, mengingat dia berhenti berkompetisi secara penuh akibat cedera pada akhir 2023. Sekarang, dia telah menjadi bagian dari program pengujian KTM setelah sebelumnya menjadi pembalap utama dalam pengembangan RC16 dari tahun 2017 hingga 2020, dan kemudian kembali ke KTM/GASGAS pada 2023.

Namun, untuk Dani Pedrosa, ini akan menjadi wildcard keempat sejak dia memutuskan pensiun pada akhir 2018. Pedrosa memulai debut wildcard-nya di MotoGP Austria 2021, di mana dia finis di posisi ke-10. Pada tahun 2023, dia kembali balapan di Seri Spanyol dan Seri San Marino, berpartisipasi dalam pertarungan podium di Sprint dan Grand Prix.

Berikut adalah pernyataan resmi dari Dani Pedrosa dan Pol Espargaro mengenai keputusan KTM untuk menurunkan mereka sebagai pembalap wildcard di MotoGP 2024.

READ  Paparan Aprilia Sebut Maverick Vinales Calon 'Il Capitano' Masa Depan

Pernyataan Resmi Dani Pedrosa:

“Saya sangat senang kembali ke Jerez tahun ini dan mendapatkan sambutan yang luar biasa dari para penggemar. Kami menyadari betapa pentingnya Jerez bagi kami.

“Bagi kami, hal penting adalah menggunakan referensi dari sesi uji coba kami dan menerapkannya kembali dalam konteks balapan. Itulah alasan utama kami berkompetisi di musim ini.”

Pernyataan Resmi Pol Espargaro:

“Saya sangat gembira bisa kembali balapan, terutama di Mugello, yang merupakan sirkuit yang sangat spesial untuk balapan motor MotoGP. Saya sangat menantikan untuk kembali ke grid bersama pembalap lainnya.

“Sesi uji coba kami berjalan dengan sangat baik dan saya merasa sangat termotivasi. Sekarang saya merasa seperti diri saya sendiri lagi setelah cedera pada tahun 2023. Saya tak sabar untuk kembali ke ‘keluarga’ MotoGP dan menunjukkan bahwa performa uji coba kami sangat kuat dan cepat.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here