Newcastle United Football Club adalah klub sepakbola profesional Inggris yang bermarkas di Newcastle. Julukan mereka adalah Magpies, dan mereka saat ini bermain di Liga Premier Inggris. Suporter Newcastle United dikenal sebagai Toon Army atau Geordies, sesuai dengan basis tempat mereka. Klub ini didirikan pada tahun 1892 setelah penggabungan dua klub lokal, yaitu Newcastle East dan Newcastle West.

Newcastle telah meraih empat gelar Liga, enam Piala FA dan FA Charity Shield, serta Piala Pameran Antar Kota 1968–69 dan Piala Intertoto UEFA 2006. Ini membuat total piala yang dimenangkan oleh klub ini menjadi yang tertinggi kesembilan di antara klub-klub Inggris.

Sejak tahun 2007 hingga 2021, klub ini dimiliki oleh Mike Ashley, yang menggantikan ketua jangka panjang Sir John Hall. Pada tahun 2015, Newcastle United menjadi klub penghasil pendapatan tertinggi ke-17 di dunia, dengan pendapatan tahunan mencapai €169,3 juta.

READ  Daftar Permata Masa Depan Manchester United

Pada 7 Oktober 2021, klub ini diakuisisi seharga £300 juta oleh sebuah konsorsium yang dipimpin oleh dana kekayaan negara Arab Saudi, yang dipimpin oleh Yasir Al-Rumayyan.

Data Newcastle United:

  • Nama: Newcastle United Football Club
  • Julukan: The Magpies
  • Tahun Berdiri: 1892
  • Stadion: St James’ Park (kapasitas 52.305)
  • Kostum: Putih-Hitam-Hitam (Kandang), Abu-Hitam (Tandang), Biru-Biru (Kostum ke-3)
  • Pemilik: Yasir Al-Rumayyan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here