Rizky Ridho Ramadhani adalah seorang pemain sepak bola Indonesia yang mengisi posisi sebagai bek tengah untuk klub Liga 1, Persija Jakarta, dan juga untuk Tim Nasional Indonesia. Dia telah menjadi salah satu andalan Timnas, baik di level kelompok umur maupun tim senior.

Selain memiliki kepribadian yang disiplin dan lugas, Rizky Ridho juga mampu memimpin timnya dengan sangat baik, terutama terlihat dalam kejuaraan Piala Asia U-23 yang sedang berlangsung. Tak hanya handal dalam bertahan, dia juga mampu memberikan kontribusi signifikan dalam upaya timnas mencetak gol.

Berikut adalah profil dan perjalanan karier Rizky Ridho Ramadhani, Kapten Timnas U-23 yang akan berlaga melawan Korea Selatan malam ini.

Nama lengkapnya adalah Rizky Ridho Ramadhani. Dia dilahirkan di Surabaya pada tanggal 21 November 2001, dengan zodiak Scorpio. Rizky Ridho memiliki tinggi badan 183 cm dan berat 59 kg. Ia menganut agama Islam.

READ  Profil Jens Raven, Perjalanan Karier, dan Prestasinya!

Pria yang mengenakan nomor punggung 5 di Timnas ini berasal dari Surabaya, tepatnya dari daerah Gunung Kramat, Kelurahan Putat, Kecamatan Sawahan. Selain itu, Rizky Ridho juga adalah seorang mahasiswa di salah satu kampus di Surabaya, yakni Universitas Muhammadiyah Surabaya, jurusan Manajemen, dan mendapatkan beasiswa atlet.

Dalam sebuah wawancara di kanal YouTube Persebaya, Rizky Ridho mengakui bahwa idolanya adalah Hasnamu Yama, yang merupakan rekannya di Persebaya, Persija, dan Timnas Indonesia.

Ketika Rizky Ridho dan timnya berhasil meraih juara sepak bola SEA Games pada tahun 2023, sang ayah, Sutoyo, merayakan kemenangan tersebut dengan mengibarkan bendera di atap rumahnya. Saat ini, Ridho aktif di Instagram dengan nama akun @rizkyridhoramadhani dan telah memiliki 1,4 juta pengikut.

Nama Rizky Ridho Ramadhani mulai dikenal luas setelah berhasil masuk dalam skuad Persebaya U-20 yang berkompetisi di Elite Pro Academy U-20 pada tahun 2019. Kemudian, dengan penampilan impresifnya, dia langsung dipromosikan ke tim senior Persebaya pada tahun 2020.

READ  Pemain Timnas Indonesia yang Pernah Membela Belanda Junior!

Selama bermain bersama tim senior Persebaya, Rizky Ridho telah tampil dalam 38 pertandingan dan mencetak 3 gol hingga akhir musim 2022-2023.

Perjalanan kariernya bersama tim kebanggaan masyarakat Surabaya berakhir saat dia menandatangani kontrak dengan Persija Jakarta pada bulan April 2023. Dia resmi bergabung dengan Persija dan akan memperkuat tim tersebut hingga tahun 2026.

Rizky Ridho juga telah mendapat kesempatan untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-23 sejak tahun 2021. Kemudian, dia mendapatkan panggilan untuk bergabung dengan Timnas senior pada bulan Mei 2021. Pada bulan Maret 2023, Ridho berhasil mencetak gol pertamanya untuk Indonesia dalam pertandingan persahabatan melawan Burundi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here