Real Madrid adalah salah satu klub tersukses di Liga Spanyol, dengan koleksi trofi yang mengesankan di level domestik, regional, dan internasional. Prestasi ini tidak terwujud tanpa peran penting dari para pelatih yang memimpin tim dengan strategi dan visi mereka.

Klub ini telah diperkaya dengan pelatih-pelatih bintang, meskipun tidak semuanya berhasil mempersembahkan prestasi yang gemilang. Di antara mereka adalah Alfredo Di Stefano dan Jorge Valdano, dua bintang legendaris yang kurang berhasil saat menjadi pelatih Real Madrid.

Namun, ada juga nama-nama besar seperti Fabio Capello, Guus Hiddink, dan Jose Mourinho, yang meskipun berhasil meraih gelar, namun tidak masuk dalam lima besar pelatih Real Madrid dengan koleksi trofi terbanyak.

Berikut ini adalah daftar lima pelatih Real Madrid dengan koleksi trofi terbanyak:

  1. Miguel Munoz: Memimpin dengan 14 gelar, termasuk sembilan gelar LaLiga dan dua trofi Piala Champions.
  2. Zinedine Zidane: Mengumpulkan 11 gelar, dengan tiga di antaranya adalah gelar Liga Champions, dua di antaranya secara beruntun.
  3. Carlo Ancelotti: Sama dengan Zidane dengan 11 gelar, Ancelotti berhasil memimpin Real Madrid ke sejumlah gelar prestisius di tingkat regional dan internasional.
  4. Luis Molowny: Melatih Real Madrid pada empat periode di 1970-an dan 1980-an, meraih delapan gelar termasuk LaLiga dan Copa del Rey.
  5. Vicente del Bosque: Mengamankan tujuh trofi bersama Real Madrid, termasuk dua gelar LaLiga dan dua trofi Liga Champions.
READ  Inilah Pemain Bisa Bergabung dengan Inter Milan di Musim Panas 2024

Para pelatih ini memiliki kontribusi yang signifikan dalam sejarah kesuksesan Real Madrid, membantu klub meraih gelar-gelar yang membanggakan dan memperkokoh posisinya sebagai salah satu kekuatan dominan dalam sepak bola Eropa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here