Salah satu alasan di balik kepindahan David Raya ke Arsenal pada awal musim 2023/2024 Liga Inggris adalah kemampuannya dalam mengoper bola. David Raya dikenal sebagai kiper yang sangat nyaman dengan bola di kakinya dan memiliki distribusi bola yang luar biasa.

Kemampuan tersebut berkembang sejak masa kecil David Raya, ketika ia mulai menekuni karier sebagai pemain futsal. Awalnya, David Raya bermain sebagai pemain lapangan di futsal, namun atas permintaan sang kakak, ia beralih ke posisi kiper.

Ketika memulai karier sepak bola bersama Cornella, David Raya akhirnya memutuskan untuk bermain sebagai kiper. Meskipun demikian, pengalamannya sebagai pemain lapangan membantunya dalam menguasai bola dengan baik.

Pada tahun 2011, ketika berusia 16 tahun, David Raya pindah ke Inggris dan mendapat kesempatan untuk trial di Blackburn Rovers sebagai bagian dari klausul transfer Hugo Fernandez. Setelah tampil impresif selama trial, David Raya mendapat kontrak profesional dari Blackburn pada Juli 2012.

READ  Eksplorasi Sepak Bola, Profil, Sejarah, dan Berita Terbaru Marcus Rashford

Menariknya, jika gagal dalam seleksi di Blackburn, David Raya telah memiliki rencana alternatif untuk bekerja sebagai pegawai kantoran di bidang administrasi atau sumber daya manusia (HRD).

Di Blackburn, David Raya awalnya menjadi kiper kedua saat tim masih bermain di Championship (Divisi 2). Namun, degradasi Blackburn pada musim 2017/2018 menjadi titik balik karier Raya, karena ia kemudian menjadi kiper utama ketika tim bermain di League One (Divisi 3).

Pada musim 2018/2019, David Raya membawa Blackburn meraih gelar juara League One dan promosi ke Championship. Kemudian, pada Juni 2019, ia bergabung dengan Brentford.

Di Brentford di bawah arahan Thomas Frank, David Raya terus menunjukkan peningkatan performa. Brentford akhirnya berhasil promosi ke Premier League. Prestasinya semakin melambung dan akhirnya Arsenal merekrutnya pada Juni 2023.

Arsenal meminjam David Raya dengan biaya £3 juta hingga akhir musim 2023/2024, dengan opsi pembelian senilai £27 juta pada akhir masa pinjamannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here