Manchester United telah mencatat berbagai era kejayaan dalam sejarahnya. Di balik prestasi tersebut, peran penting dimainkan oleh para pelatih yang telah mengelola klub Liga Inggris ini. Dalam artikel ini, kita akan meninjau lima pelatih terbaik Manchester United yang telah membawa klub meraih kesuksesan dan kejayaan.

MU merupakan salah satu klub tersukses dari Inggris, dengan capaian gemilang di level domestik, regional, dan internasional.

Prestasi ini tidaklah datang dengan mudah, dan setiap individu di klub memiliki kontribusi penting, termasuk para pelatih yang bertanggung jawab mengatur komposisi tim.

Selama sejarahnya, MU telah dipimpin oleh sejumlah pelatih berpengaruh, mulai dari Matt Busby hingga Alex Ferguson. Namun, keberhasilan tidak hanya diraih oleh keduanya saja. Para pelatih hebat ini telah memberikan kontribusi besar dalam membangun legenda Old Trafford. Berikut adalah daftar pelatih yang berperan penting di balik sukses Setan Merah:

READ  Komentar Simone Inzaghi Usai Inter Milan Raih Scudetto 2024 di Markas AC Milan

Sir Matt Busby (1945-1969)

Sir Matt Busby adalah pelatih pertama yang membawa Manchester United meraih kesuksesan besar. Selama 24 tahun kepemimpinannya, ia memenangkan lima gelar Liga Inggris dan tiga Piala FA. Puncak prestasinya adalah kemenangan Piala Champions Eropa pada tahun 1968, menjadikan MU sebagai klub Inggris pertama yang memenangkan trofi tersebut.

Sir Alex Ferguson (1986-2013)

Tanpa ragu, Sir Alex Ferguson adalah pelatih tersukses dalam sejarah MU. Ia memenangkan 13 gelar Liga Inggris, lima Piala FA, empat Piala Liga, dan dua Liga Champions. Di bawah kepemimpinannya, MU mencapai puncak kesuksesan dengan meraih treble pada musim 1998-1999, yaitu gelar Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Champions.

Ernest Mangnall (1903-1912)

Ernest Mangnall adalah pelatih pertama yang membawa MU meraih gelar Liga Inggris pada tahun 1908 dan 1911. Ia juga memenangkan Piala FA pada tahun 1909. Mangnall dikenal sebagai pelatih inovatif yang memperkenalkan metode pelatihan modern yang membantu klub meraih kesuksesan.

READ  Profil dan Fakta Menarik Perjalanan Maarten Paes

Tommy Docherty (1972-1977)

Tommy Docherty memimpin MU di era sulit setelah kejatuhan klub dari Divisi Pertama ke Divisi Kedua. Namun, ia berhasil membangkitkan semangat tim dan membawa mereka kembali ke Divisi Pertama pada tahun 1975. Docherty juga memenangkan Piala FA pada tahun 1977, mengakhiri penantian 15 tahun MU untuk meraih trofi tersebut.

Ron Atkinson (1981-1986)

Ron Atkinson membawa MU meraih dua gelar Piala FA pada tahun 1983 dan 1985. Ia juga berhasil membangun tim yang kompetitif dengan pemain-pemain seperti Bryan Robson dan Norman Whiteside. Prestasi terbesarnya adalah ketika MU mencapai perempat final Liga Champions pada tahun 1984.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here