Daftar pemenang trofi individu Euro 2024 telah diumumkan. Tim Nasional Spanyol yang keluar sebagai juara Piala Eropa 2024 mendominasi penghargaan individu yang diperebutkan.

Seperti diketahui, Euro 2024 yang digelar di Jerman resmi berakhir pagi ini, Senin (15/7/2024), setelah laga final antara Timnas Spanyol dan Inggris dimainkan di Olympiastadion, Berlin, pada dini hari tadi.

Dalam laga final tersebut, Spanyol menang dengan skor 2-1. Gol kemenangan Spanyol dicetak oleh Nico Williams (47′) dan Mikel Oyarzabal (86′), sementara Inggris hanya mampu membalas lewat gol Cole Palmer di menit ke-73.

Gelar Euro 2024 ini menjadi trofi keempat Spanyol di ajang Piala Eropa. Hal ini menjadikan La Furia Roja – julukan Timnas Spanyol – tim tersukses di Euro dengan jumlah gelar terbanyak.

Keberhasilan Spanyol menjuarai Euro 2024 semakin sempurna karena mereka juga memborong tiga penghargaan individu. Salah satunya adalah penghargaan pemain terbaik turnamen (Player of the Tournament) yang diraih oleh gelandang Spanyol, Rodri Hernandez Cascante, atau yang lebih dikenal sebagai Rodri.

READ  Profil, Data Serta Perjalanan Pemain Willy Kambwala

Rodri Hernandez Cascante digantikan oleh Mikel Zubimendi saat jeda karena cedera engkel setelah menahan sepakan Harry Kane di akhir babak pertama. Meskipun tidak bisa bermain penuh di laga final, Rodri tetap dianggap sebagai motor permainan La Furia Roja.

Berkat penampilan apiknya sepanjang turnamen, Rodri dinobatkan sebagai pemain terbaik Euro 2024. Pemain bernama lengkap Rodrigo Hernandez ini tampil lima kali dengan mencetak satu gol saat Spanyol mengalahkan Georgia 4-1 di Babak 16 Besar.

Rodri juga mengoleksi tiga kartu kuning. Penghargaan ini menambah deretan trofi yang diraih Rodri sejak awal 2023, yaitu delapan trofi, lebih banyak daripada jumlah kekalahan yang dideritanya, yaitu empat.

Daftar Pemain Terbaik Euro

• 1996: Matthias Sammer (Jerman)
• 2000: Zinedine Zidane (Perancis)
• 2004: Theodoros Zagorakis (Yunani)
• 2006: Xavi Hernandez (Spanyol)
• 2012: Andrés Iniesta (Spanyol)
• 2016: Antoine Griezmann (Perancis)
• 2021: Gianluigi Donnarumma (Italia)
• 2021: Gianluigi Donnarumma (Italia)
• 2024: Rodri Hernandez (Spanyol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here