Rafael William Struick, yang memiliki nama asli Rafael William Struick, lahir pada 27 Maret 2003 di Leidschendam, Belanda. Meskipun lahir di Belanda, Struick memiliki darah Indonesia dari orang tuanya yang berasal dari keturunan Jawa.

Pendidikan olahraganya dimulai di Akademi Forum Sport sebelum kemudian memperkuat bakatnya di Akademi ADO Den Haag sebagai penyerang setelah bergabung dengan RKAVV Leidschendam.

Pada 6 Mei 2022, Struick melakukan debutnya dalam Eerste Divisie melawan FC Emmen. Ia kemudian menandatangani kontrak dengan ADO Den Haag pada Juni 2022. Keikutsertaannya dalam Timnas Indonesia didasari oleh pilihannya langsung oleh Shin Tae-yong, yang menganggapnya sebagai salah satu pemain yang dapat memperkuat tim.

Struick memulai debutnya bersama Timnas Indonesia U-20 dan mencatatkan gol saat melawan Slowakia U-20 pada 19 November 2022. Pada tahun 2023, Struick dipanggil untuk bergabung dengan tim senior dalam pertandingan persahabatan melawan Palestina dan Argentina.

READ  Piala AFF U-19 2024: Jadwal Pertandingan Secara Lengkap!

Setelah bermain dalam beberapa pertandingan, Shin Tae-yong mengajukan proses naturalisasi untuk Struick yang kemudian berjalan lancar, menjadikannya seorang warga negara Indonesia (WNI).

Setelah menjadi WNI, Struick bergabung dengan Timnas Indonesia U-23 dan turut serta dalam AFC Asian Cup U-23. Penampilannya yang mengesankan dalam pertandingan pertama melawan Korea Selatan membantu skuad Timnas Indonesia U-23 melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here