Genoa Cricket and Football Club, atau yang biasa dikenal sebagai Genoa, didirikan pada tanggal 7 September 1893. Pada awalnya, Genoa adalah sebuah organisasi olahraga yang mencakup atletik dan kriket. Namun, pada tanggal 10 April 1897, bagian sepakbola klub, yang sudah ada sejak tahun 1893, mulai mendominasi berkat kontribusi dari James Richardson Spensley. Genoa C.F.C. berbasis di daerah Genoa, Liguria, Italia, dan menjadi klub tertua yang masih berkompetisi di Serie A Liga Italia.

Kostum kandang Genoa ditandai dengan warna merah di satu sisi dan warna biru di sisi lainnya, sesuai dengan desain logo klub. Sementara kostum tandang mereka didominasi oleh warna putih namun tetap memperlihatkan aksen merah dan biru. Selain itu, kostum ketiga mereka berwarna abu-abu.

Sejak tahun 1911, Genoa telah memakai Stadio Luigi Ferraris sebagai markas mereka. Namun, sejak tahun 1946, mereka telah berbagi stadion ini dengan klub lain, Sampdoria. Stadio Luigi Ferraris memiliki kapasitas untuk menampung 36.599 penonton.

READ  Daftar Pelatih Terbaik Barcelona Sepanjang Sejarah Klub

Genoa dapat dianggap sebagai salah satu klub yang sukses karena telah memenangkan Italian Football Championship, yang kini dikenal sebagai Serie A, sebanyak 9 kali, serta satu Coppa Italia pada musim 1936/37.

Data Klub Genoa C.F.C.:

Nama Lengkap: Genoa Cricket and Football Club S.p.A.
Julukan: I Rossoblu, Il Griffin, Il Vecchio Balordo
Didirikan pada: 7 September 1893
Stadion: Stadio Luigi Ferraris
Kapasitas: 36.599
Pemilik: 777 Partners
Presiden: Alberto Zangrillo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here