Crystal Palace Football Club adalah klub sepak bola profesional Liga Inggris yang berbasis di Selhurst, Borough of Croydon, London Selatan, Inggris. Saat ini mereka bersaing di Premier League, tingkat tertinggi sepak bola Inggris. Meskipun secara resmi didirikan sebagai klub profesional pada tahun 1905, asal-usul klub ini dapat ditelusuri hingga tahun 1861, ketika tim sepak bola amatir Crystal Palace didirikan di gedung Pameran Crystal Palace. Hal ini membuat klaim bahwa Crystal Palace adalah salah satu klub sepak bola profesional tertua di dunia.

Kostum kandang Crystal Palace memiliki motif menyilang dengan warna biru dan merah, sedangkan kostum tandang mereka berwarna kuning dengan grafis elang dan garis vertikal biru dan merah. Selain itu, klub ini memiliki kostum alternatif dengan kombinasi warna biru muda dan putih.

Selama Perang Dunia Pertama, Crystal Palace dan lapangan mereka disita oleh angkatan bersenjata. Pada tahun 1915, klub dipaksa untuk dipindahkan oleh Angkatan Laut dan menemukan pangkalan sementara di Herne Hill Velodrome. Kemudian, pada tahun 1924-1925, Selhurst Park, yang dirancang oleh arsitek stadion terkenal Archibald Leitch, selesai dibangun dan menjadi markas tetap Crystal Palace.

READ  Sejarah Klub Sevilla, Salah Satu Klub Tangguh di Daratan Eropa

Pada akhir 1980-an dan awal 1990-an, Crystal Palace mencapai puncak prestasinya dengan menempati posisi ketiga di Divisi Pertama (sekarang Premier League) pada musim 1990-1991. Mereka juga berhasil mencapai final Piala FA pada tahun 1990 dan 2016, bertemu dengan Manchester United dalam kedua kesempatan tersebut, meskipun belum berhasil meraih gelar.

Data Klub Crystal Palace FC:

Nama Lengkap: Crystal Palace Football Club
Julukan: The Eagles, The Glaziers
Didirikan pada: 10 September 1905
Stadion: Selhurst Park
Kapasitas: 25.486
Pemilik: Steve Parish, Joshua J. Harris, David S. Blitzer, John Textor
Pemimpin: Steve Parish

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here