Kabar tentang Dean Zandbergen, striker dari Sparta Rotterdam, menjadi calon striker naturalisasi Timnas Indonesia telah menyebar luas. Isu ini muncul setelah Dean terlihat melakukan video call dengan Tenaga Ahli Kemenpora, Hamdan Hameden, dan diketahui mengikuti akun Instagram resmi PSSI.

Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong memang tengah aktif melakukan proyek naturalisasi pemain.

Lahir di Belanda pada 5 September 2001, Dean, yang kini berusia 22 tahun, memiliki darah Indonesia dan bermain untuk klub yang berkompetisi di kasta tertinggi Liga Belanda. Keturunan Indonesia ini berasal dari sang kakek yang berasal dari Jakarta.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, telah menetapkan 23 pemain untuk mengikuti Piala Asia U-23 2024 di Qatar yang akan berlangsung dari 15 April hingga 3 Mei mendatang.

Nathan Tjoe-A-On, pemain SC Heerenveen Belanda, adalah salah satu nama yang tidak masuk dalam skuad bayangan timnas U-23 Indonesia. Pemain-pemain lain yang turut tergusur antara lain Erlangga Setyo (PSPS Riau), Bagas Kaffa (Barito Putera), Haykal Alhafiz (PSIS Semarang), Alfeandra Dewangga (PSIS Semarang), dan Rifky Dwi Septiawan (Persita Tangerang).

READ  10 Pencetak Gol Termuda Turnamen Euro!

Namun, bek Cerezo Osaka, Justin Hubner, berhasil masuk dalam skuad timnas Indonesia U-23. Meskipun sebelumnya keikutsertaannya dipertanyakan karena keterikatan dengan klub, Cerezo Osaka membebaskannya karena Piala Asia U-23 tidak termasuk dalam jadwal FIFA.

Dari 23 pemain terpilih, 10 di antaranya merupakan bagian dari timnas senior yang mencatat sejarah dengan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Mereka adalah Ernando Ari, Rizky Ridho, Justin Hubner, Pratama Arhan, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta, Hokky Caraka, dan Rafael Struick.

Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) memberikan apresiasi terhadap peningkatan peringkat Indonesia dalam peringkat dunia. Organisasi yang dipimpin oleh Gianni Infantino ini juga memuji peningkatan iklim sepak bola di Indonesia.

Dalam peringkat terbaru, Indonesia mencatat peningkatan tertinggi dibandingkan dengan negara lain dengan naik delapan peringkat. Tim Garuda saat ini menduduki peringkat 134, merupakan peringkat tertinggi dalam 13 tahun terakhir.

READ  Dampak Ekonomi Industri Sepak Bola di Indonesia

“Peningkatan ini adalah bukti dari upaya kolektif dan kemajuan yang telah dicapai dalam pengembangan sepak bola. Bangsa Indonesia dapat berbangga dengan pencapaian ini, yang menunjukkan bahwa langkah-langkah yang diambil berada di jalur yang benar,” kata PSSI.

“Piala Dunia U-17 FIFA 2023, yang diselenggarakan di Indonesia, memberikan dampak positif pada pengembangan sepak bola di dalam negeri, terutama dalam hal infrastruktur. Banyak fasilitas yang disediakan untuk bakat-bakat muda untuk menunjukkan kemampuan mereka di panggung global. Turnamen ini berkontribusi pada pengembangan dan pengenalan pemain-pemain yang penting untuk perkembangan masa depan mereka.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here