Timnas Indonesia U-19 meraih kemenangan meyakinkan dengan skor 2-0 melawan Kamboja pada laga kedua Grup A Piala AFF U-19 2024 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Sabtu (20/7).

Babak pertama pertandingan Indonesia vs Kamboja berakhir imbang 0-0. Meski mendominasi penguasaan bola, Indonesia kesulitan membongkar rapatnya pertahanan Kamboja.

Pada awal babak kedua, Garuda Nusantara beberapa kali berhasil menembus pertahanan Kamboja. Namun, Dony Tri Pamungkas dan rekan-rekannya sering kehilangan momentum karena terlambat melepaskan bola sehingga lebih dulu dipatahkan oleh pemain lawan.

Kesulitan menembus pertahanan Kamboja dengan bola-bola pendek membuat Indonesia mencoba peluang lewat tembakan jarak jauh. Pada menit ke-58, tembakan kaki kanan Arlyansyah Abdulmanan dari luar kotak penalti masih melambung di atas gawang Kamboja.

Kamboja memberikan ancaman serius pada menit ke-62. Pertahanan Indonesia panik diserang oleh Kamboja. Sreng Sokea merepotkan lini belakang tuan rumah, bola kemudian diterima oleh Phoeuk Thatthai, namun tendangan kaki kanannya dari dalam kotak penalti melayang di atas gawang Ikram Algiffari.

Kadek Arel ikut membantu serangan dengan tendangan dari luar kotak penalti pada menit ke-66, namun tendangannya bisa diblok pemain lawan.

Indonesia U-19 akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-71 lewat sundulan Kadek Arel. Memanfaatkan tendangan sudut Muhammad Kafiatur, Kadek menyundul bola yang tidak bisa diantisipasi oleh Mat Lany.

READ  Profil serta Prestasi Shin Tae-yong, Pelatih Mengukir Sejarah Baru Sepak Bola Indonesia

Tendangan kaki kiri Welber Jardim pada menit ke-77 hampir menambah keunggulan Indonesia jika tidak melebar di sisi kiri gawang Kamboja.

Tim Merah Putih menambah keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-86 melalui sontekan Iqbal Gwijangge. Iqbal memanfaatkan dengan baik sepak pojok Muhammad Kafiatur.

Dalam tayangan ulang terlihat tendangan sudut Kafiatur lebih dulu mengenai pemain lawan. Bola liar kemudian disambar oleh Iqbal masuk ke gawang Mat Lany. Tanpa tambahan gol pada sisa laga, Timnas Indonesia U-19 menang 2-0 atas Kamboja di Piala AFF U-19 2024.

Momen Menarik Piala AFF U-19 Indonesia U-19 vs Kamboja

Pada menit ke-34, laga terhenti sementara untuk pergantian pemain pertama Indonesia U-19. Figo Denis ditarik keluar lapangan dan digantikan oleh Welber Jardim karena alasan taktik.

Pada menit yang sama, Timnas Indonesia U-19 berhasil mematahkan serangan Kamboja U-19 yang mencoba menyerang dari flank kanan. Bola kemudian direbut kembali sebelum melewati garis tengah lapangan dan dioper ke depan.

READ  Hasil Piala AFF U-19 2024: Thailand 2:1 Singapura

Arlyansyah Abdulmanan mengontrol bola dengan sempurna menggunakan punggung kaki kanannya saat bola melambung sekitar dada orang dewasa, namun sayang bola kemudian lepas karena ia dipepet pemain lawan.

Pada menit ke-45, Timnas Indonesia U-19 menekan pertahanan Kamboja U-19 dengan menyerang dari flank kanan. Umpan in-swinging yang bagus diarahkan ke tengah kotak penalti. Arkhan Kaka menanduk bola ke arah gawang, namun bola bisa diamankan dengan mudah oleh kiper.

Setelah turun minum, Indra Sjafri melakukan dua pergantian pemain sekaligus. Tony Firmansyah digantikan oleh Kafiatur Rizky, dan Arkhan Kaka digantikan oleh Jens Raven yang juga masuk sebagai pemain cadangan di laga pertama.

Pada menit ke-68, Kamboja U-19 melancarkan serangan ke pertahanan Indonesia U-19 di area halfspace kiri, tetapi gagal.

Indonesia U-19 kemudian mencoba melakukan serangan balasan. Jens Raven turun jauh ke belakang garis tengah untuk membantu build-up serangan, namun lawan dengan sigap memberikan tekanan sehingga Raven akhirnya terjatuh dan wasit memberikan pelanggaran untuk Indonesia.

Pada menit ke-71, serangan Indonesia U-19 berakhir dengan kegagalan dan hanya menghasilkan sepak pojok di kiri gawang Kamboja. Tendangan sudut yang dieksekusi oleh Kafiatur Rizky disambar dengan sempurna oleh tandukan Kadek Arel ke tiang jauh.

READ  Daftar Timas Juara Piala AFF U19: Ada Indonesia?

Pada menit ke-86, serangan Indonesia U-19 kembali gagal. Bola sepakan dari luar kotak penalti masih bisa diblok oleh pertahanan Kamboja U-19.

Indonesia mendapat sepak pojok di sisi kiri pertahanan Kamboja yang dieksekusi oleh Kafiatur Rizky. Bola diarahkan ke tengah kotak penalti dan disambar oleh Iqbal Gwijangge. Setelah mengontrol bola, Iqbal menendang bola dengan kaki kirinya dan kemudian berlari ke pinggir lapangan untuk melakukan selebrasi ala Jude Bellingham.

Ini adalah gol ketiga Iqbal di Piala AFF U-19 2024 setelah sebelumnya mencetak dua gol ketika Timnas Indonesia U-19 berduel melawan Filipina U-19.

Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Kamboja di Piala AFF U-19 2024:

Timnas Indonesia (3-4-3): Ikram Algiffari (PG); Kadek Arel, Muhammad Iqbal Gwijangge, Alfharezzi Buffon; Muhammad Mufli Hidayat, Toni Firmansyah, Figo Dennis Saputrananto, Dony Tri Pamungkas; Arlyansyah Abdulmanan, Arkhan Kaka Putra Purwanto, Riski Afrisal.

Kamboja (5-2-3): Mat Lany (PG); Soon Thavisiv, Em Chhumsideth, Tum Makara, Chheang Kimsong, Chhin Vennin; Bong Samuel, Lim Lucca Thong; Eav Sovannara, Sorm Borith, Phoeuk Thatthai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here