Timnas Uruguay berhasil mengamankan status peringkat 3 Copa America 2024 setelah menang dalam duel dramatis yang berujung adu penalti melawan Timnas Kanada di Bank of America Stadium pada Minggu (14/7/2024) pagi WIB.

La Celeste memimpin cepat sejak awal babak pertama, namun Kanada membalikkan keadaan setelah Ismael Kone (’22) dan Jonathan David (’80) mencetak masing-masing satu gol. Uruguay nyaris kalah andai Luis Suarez tak mencetak gol pada injury time. Adu penalti tak terhindarkan, dengan La Celeste mengunci keunggulan 4-3 atas Les Rouges.

Babak Pertama Copa America 2024 Kanada vs Uruguay

Uruguay menciptakan keunggulan cepat lewat gol Rodrigo Bentancur pada menit ke-8 setelah menerima umpan dari Sebastian Caceres. Kanada mencoba mengejar ketertinggalan dengan peluang dari Jacob Shaffelburg pada menit 20, yang berujung gol oleh Ismael Kone pada menit 22 setelah menerima umpan dari Moise Bombito.

READ  Hasil Copa America 2024: Uruguay Ke Semifinal Copa America 2024!

Gol kedua Uruguay dianulir wasit karena offside. Kanada nyaris mencetak gol tambahan lewat Jonathan Osorio namun diselamatkan Nahitan Nandez. Babak pertama berakhir imbang 1-1.

Babak Kedua Copa America 2024 Kanada vs Uruguay

Statistik menunjukkan Uruguay kalah dalam jumlah tembakan dan penguasaan bola di babak pertama. Mereka mencoba membuat perubahan dengan mengganti Manuel Ugarte dan Darwin Nunez dengan Giorgian de Arrascaeta dan Luis Suarez.

Kanada mendominasi awal babak kedua dengan tekanan dari Tani Oluwaseyi. Uruguay nyaris mencetak gol pada menit 69 dan 78 namun gagal. Kanada kembali unggul lewat Jonathan David pada menit 80 setelah memanfaatkan rebound dari tembakan Ismael Kone.

Uruguay menyamakan kedudukan lewat gol Luis Suarez pada injury time (’90+2). Adu penalti pun tak terhindarkan.

Adu Penalti Copa America 2024 Kanada vs Uruguay

Adu penalti dimulai dengan Jonathan David sebagai eksekutor pertama Kanada, diikuti oleh Federico Valverde dari Uruguay. Kedua tim berhasil pada penendang pertama mereka. Moise Bombito dan Rodrigo Bentancur juga sukses sebagai penendang kedua.

READ  Regulasi Kartu Kuning dalam Perempat Final Euro 2024: Timnas Mana Yang Beresiko?

Ismael Kone gagal sebagai penendang ketiga Kanada, sementara Giorgian de Arrascaeta sukses untuk Uruguay. Penendang keempat, Mathieu Choiniere dan Luis Suarez, juga berhasil. Kegagalan penendang kelima Kanada memberikan kemenangan 4-3 bagi Uruguay.

Susunan Pemain Copa America 2024 Kanada vs Uruguay

Timnas Kanada: Dayne St. Clair; Alistair Johnston, Moise Bombito, Luc de Fougerolles, Richie Laryea; Jonathan Osorio, Ismael Kone; Mathieu Choiniere, Ali Ahmed, Jacob Shaffelburg; Tani Oluwaseyi.

Pelatih: Jesse Marsch.

Timnas Uruguay: Sergio Rochet; Nahitan Nandez, Sebastian Caceres, Jose Maria Gimenez, Matias Vina; Federico Valverde, Manuel Ugarte, Rodrigo Bentancur; Facundo Pellistri, Darwin Nunez, Maximiliano Araujo.

Pelatih: Marcelo Bielsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here