Ballspielverein Borussia 09 e. V. Dortmund, atau lebih dikenal sebagai Borussia Dortmund, adalah klub olahraga profesional Liga Jerman yang berbasis di Dortmund, Rhine-Westphalia Utara. Terkenal karena prestasinya di Bundesliga, Dortmund didirikan pada tahun 1909 oleh delapan belas pemain sepak bola dari Dortmund. Klub ini merupakan bagian dari sebuah klub olahraga besar dengan keanggotaan lebih dari 145.000 orang, menjadikannya klub olahraga terbesar kedua di Jerman berdasarkan jumlah anggota.

Kostum kandang Borussia Dortmund mengusung warna kuning dan hitam, yang menjadi sangat ikonik bagi klub. Kombinasi warna ini terinspirasi dari lambang klub. Untuk kostum tandang, Dortmund menggunakan kostum berwarna hitam dengan grafis zig-zag di bagian jersey. Selain itu, mereka juga memiliki kostum alternatif berwarna hijau dengan celana hitam.

Stadion pertama Borussia Dortmund adalah Stadion Rote Erde, yang kini digunakan sebagai markas Borussia Dortmund II. Kemudian, mereka memindahkan markas ke Signal Iduna Park, yang memiliki kapasitas hingga 81.365 penonton dalam satu pertandingan.

READ  Hasil Euro 2024 30 Juni 2024: Jerman 2-0 Denmark

Borussia Dortmund mencapai puncak kesuksesan pada tahun 1990-an di bawah kepemimpinan Ottmar Hitzfeld, meraih gelar Champions League dan Intercontinental Cup. Mereka juga mencatat rekor poin tertinggi dalam satu musim Bundesliga dengan 81 poin di era modern bersama Jurgen Klopp.

Data Klub Borussia Dortmund:

Nama Lengkap: Ballspielverein Borussia 09 e. V. Dortmund
Julukan: Die Borussen, Die Schwarzgelben, Der BVB
Didirikan pada: 19 Desember 1909
Stadion: Signal Iduna Park
Kapasitas: 81.365
Presiden: Reinhard Rauball
CEO: Hans-Joachim Watzke

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here