Ketua PSSI, Erick Thohir, memastikan bahwa Piala Presiden 2024 akan digelar. Turnamen pramusim untuk BRI Liga 1 2024/2025 ini akan dimulai pada 19 Juli 2024 di Bandung, Jawa Barat.

Kepastian tentang Piala Presiden 2024 diumumkan oleh Erick melalui media sosial Instagram miliknya pada Rabu (10/7). Pengumuman ini dilakukan setelah Erick bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

Dalam pertemuan tersebut, turut hadir Maruarar Sirait, yang dalam lima edisi Piala Presiden sebelumnya selalu menjabat sebagai steering committee (SC) turnamen.

Erick Thohir juga telah menyiapkan Rp5 miliar sebagai hadiah untuk juara Piala Presiden 2024. Bagaimana dengan format turnamen pemanasan ini?

8 Tim Piala Presiden 2024

Sebanyak delapan tim akan dibagi ke dalam dua grup. Grup A terdiri dari Persib Bandung, Borneo FC, Persis, dan PSM. Sementara Grup B diisi oleh Bali United, Madura United, Persija, dan Persebaya.

Persib akan menjadi tuan rumah Grup A di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, sedangkan Bali United akan menyelenggarakan Grup B di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Menurut jadwal sementara Piala Presiden 2024, babak semifinal dan final akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo.

READ  Hasil Piala Presiden 2024: Persis Solo 1-0 Persib Bandung

Penjelasan Erick Thohir tentang Piala Presiden 2024

Piala Presiden 2024 kemungkinan juga akan menjadi ajang percobaan untuk beberapa aturan baru di BRI Liga 1 musim depan, seperti penggunaan VAR, delapan pemain asing, dan kewajiban pemain U-22 untuk menjadi starter selama 45 menit.

“BRI Liga 1 akan mengalami banyak perubahan. VAR akan digunakan secara penuh. Delapan pemain asing, enam di lapangan dan dua di cadangan. Kewajiban memainkan seluruh pemain Timnas Indonesia di klub masing-masing. Wasit asing akan memimpin per bulannya,” ujar Erick Thohir.

“Klub berbicara kepada PT Liga Indonesia Baru, berharap ada turnamen sebelum kompetisi. Namun karena waktunya sempit, PT LIB memilih beberapa klub yang ikut Piala Presiden 2024,” jelasnya.

“Insyaallah pembukaan Piala Presiden 2024 di Bandung pada 19 Juli 2024. Pak Presiden RI, Jokowi, akan hadir. Semoga ini meningkatkan animo yang menunggu-nunggu perbaikan di sepak bola kami uji coba secara penuh di Piala Presiden 2024,” kata Erick Thohir.

READ  Perjalanan Indra Sjafri Menangani Timnas Indonesia: Tantangan di Era Dualisme dan 17 Bulan Tanpa Gaji

“Di jeda kompetisi ini, kami akan coba isi dengan beberapa kegiatan supaya klub memiliki pemanasan menuju kompetisi yang berubah total. Jadi membutuhkan adaptasi.”

“PT LIB akan mengadakan konferensi pers secara detail. Kota mana yang menjadi tuan rumah dan jadwalnya seperti apa. Biar mereka yang menjelaskan dengan spesifik,” ungkap Erick Thohir.

Fakta Piala Presiden 2024

  1. Kick Off 19 Juli

Rencananya Piala Presiden 2024 akan berlangsung selama dua pekan lebih. Turnamen pramusim Liga 1 2024/2025 ini akan dibuka atau melakukan kick off pada 19 Juli 2024.

Jika tidak ada perubahan, Piala Presiden 2024 akan berlangsung di Bali dan Solo. Rencananya laga pembuka akan berlangsung di Solo, tepatnya di Stadion Manahan.

  1. Uji Aturan Baru

Menurut Erick, Piala Presiden akan menjadi representasi Liga 1. Pasalnya, sejumlah aturan baru Liga 1 2024/2025 yang sedang disiapkan PSSI akan diuji coba dalam turnamen ini.

READ  Hasil Piala AFF U-19, Indonesia vs Filipina: Skor 6-0

Beberapa aturan baru yang akan diterapkan di Liga 1 2024/2025 antara lain delapan pemain asing dengan hanya enam di lapangan dan kewajiban memainkan pemain U-21 minimal 45 menit.

  1. Hanya Diikuti 8 Tim

Karena menjadi representasi Liga 1 2024/2025, tidak semua peserta kompetisi akan ambil bagian. Rencananya hanya delapan tim yang akan diundang untuk ambil bagian.

Delapan tim yang dipilih adalah pemilik lisensi klub profesional yang dikeluarkan oleh AFC. Mereka adalah Arema FC, Bali United, Borneo FC, Madura United, Persib, Persija, Persebaya, dan PSM. Namun, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan bahwa terkait jumlah tim peserta akan diumumkan secara resmi dalam konferensi pers dalam waktu dekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here