Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, telah merekomendasikan naturalisasi Hinoke Mauresmo Johannes Jacob Danny Silvinho, yang dikenal sebagai Mauresmo Hinoke, kepada PSSI.

Selain Mauresmo Hinoke, Indra Sjafri juga mengajukan dua pemain keturunan lainnya untuk dinaturalisasi oleh PSSI demi memperkuat Timnas Indonesia U-19. Mereka adalah Tim Geypens dan Dion Markx.

Ketiga pemain ini, yaitu Mauresmo Hinoke, Tim Geypens, dan Dion Markx, telah memukau Indra Sjafri dengan penampilan mereka saat bermain untuk Timnas Indonesia U-19 di Toulon Cup 2024 yang berlangsung di Prancis pada 3-16 Juni 2024.

Namun, muncul kabar bahwa proses naturalisasi Mauresmo Hinoke mengalami kesulitan karena darah Indonesianya berasal lebih dari tiga garis keturunan, atau lebih dari kakek dan nenek.

Tidak Sesuai Statuta FIFA

Menurut Pasal 7 Statuta FIFA tentang Perolehan Kewarganegaraan Baru, pemain naturalisasi harus memiliki keturunan maksimal dari kakek atau neneknya. Jika keturunan lebih dari tiga generasi, pemain tersebut harus tinggal selama lima tahun berturut-turut atau sepuluh tahun tidak berturut-turut di negara barunya.

READ  Hasil Piala Presiden 2024: Borneo FC 2-0 Persis Solo

“Soal Mauresmo Hinoke, coba tanya ke PSSI. Itu saya tidak terlalu paham regulasi tentang naturalisasi,” ujar Indra Sjafri.

Berdarah Maluku

“Saya sudah sampaikan berapa pemain yang saya rekomendasikan. Mengenai administrasi apakah bisa dinaturalisasi atau tidaknya, memang ada aturan atau Undang-Undang yang mengatur itu,” jelas Indra Sjafri.

Garis keturunan Indonesia Mauresmo Hinoke berasal dari Maluku. Namanya terinspirasi dari mantan petenis putri asal Prancis, Amelie Mauresmo.

Saat ini, Mauresmo Hinoke menimba ilmu di FC Dordrecht U-21 di Liga Belanda U-21. Pada musim lalu, winger berusia 19 tahun ini mencetak tiga gol dari 18 penampilan.

Profil dan Biodata Mauresmo Hinoke

Nama lengkap: Hinoke Mauresmo Johannes Jacob Danny Silvinho
Tanggal lahir: 26 Februari 2005
Tempat lahir: Breda, Belanda
Keturunan: Indonesia dari orang tua yang berasal dari Maluku
Inspirasi nama: Amélie Mauresmo, mantan petenis profesional asal Prancis

READ  Profil Ivar Jenner: Pesepak Bola Indonesia dengan Potensi Besar

Hinoke pernah diundang untuk berlatih bersama tim utama Ajax Amsterdam pada tahun 2019. Dia dianggap sebagai salah satu pemain muda berbakat di Belanda dan menarik perhatian publik Indonesia setelah penampilannya di Toulon Cup 2024, di mana ia mencetak gol dan menunjukkan performa impresif.

Saat ini, Hinoke sedang dalam proses naturalisasi untuk menjadi Warga Negara Indonesia. Dia bermain untuk klub FC Dordrecht.

Karier:

  • VV Baronie (-2020)
  • FC Dordrecht (2020-2023)
  • FC Dordrecht U21 (2023-sekarang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here